CERITA KAMI

Mendesain Kelas sebagai Komunitas Moral

14-09-2018 14:01

Reformasi dalam dunia pendidikan hanya terjadi dalam proses pengajaran dan pembelajaran di dalam kelas.Tidak mengherankan bila dinamika kelas merupakan isu sentral dalam setiap peningkatan kualitas pendidikan.

Pada tanggal 25 - 27 Januari 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan program Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter yaitu program pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah  rasa, olah  pikir, dan olah raga. Program ini merupakan bagian dari gerakan nasional revolusi mental. Untuk itu, Kemendikbud  menetapkan lima nilai inti karakter yang saling berkaitan  membentuk jejaring nilai yang perlu dikembangkannya ke nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas (hlm 7).

Pendidikan karakter berbasis kelas yang dibahas buku ini berfokus pada interaksi dalam  proses pembelajaran. Ia mencakup keseluruhan  interaksi antara guru dan  peserta didik, antar peserta didik, dinamika pelajaran, pendalaman isi materi pembelajaran, pilihan  metode  pengajaran, cara-cara evaluasi, dan  penilaian  yang terjadi selama  proses pembelajaran.

Terima kasih kepada Jawa Pos Radar dan Mamluatul Bariroh Kepala Sekolah Raudlatul Athfal Pakandangan Barat, Bluto Sumenep atas pemuatan resensi Mendesain Kelas sebagai Komunitas Moral dari buku Pendidikan Karakter Berbasis Kelas, dimuat Sabtu, 8 September 2018.