DARI MEDIA

Resensi Pelayanan Medis, Etika, dan Bisnis

23-01-2019 09:02

Bisnis pelayanan kesehatan menjadi salah satu sektor bisnis yang menjanjikan. Namun, hal tersebut sering memunculkan oknum dokter yang cenderung menjadikan pelayanan kesehatan sebagai komoditas bisnis belaka. Padahal, pelayanan medis memiliki etika yang harus dijaga sebagai bagian dari tanggung jawab moral profesi kedokteran. Dalam konteks inilah, buku terbaru karya K. Bertens ini relevan disimak.

Buku ini membahas tema-tema sekitar bioetika atau etika biomedis. Di dalamnya, berisi kumpulan tulisan Prof. K. Bertens yang pernah terbit dalam berbagai buku kolektif atau jurnal. Profesor kelahiran Netherland tahun 1936 yang sejak 1968 mengajar filsafat sistematis dan sejarah filsafat di berbagai perguruan tinggi di Indonesia ini mengurai berbagai hal untuk memahami bioetika. Pembahasan dibangun dari hal-hal mendasar seperti paham “persona” dan bioetika, sumpah Hippokrates dalam perspektif sejarah dan etika, hingga berbagai pembahasan tentang perkembangan dunia medis modern dipandang dari perspektif etika.

Terima kasih kepada Jawa Pos Radar Madura dan Saudara Al-Mahfud atas pemuatan Resensi Pelayanan Medis, Etika, dan Bisnis dari buku berjudul Sekitar Bioetika dimuat Kamis, 10 Januari 2019.