DARI MEDIA

Manfaat Bercerita bagi Anak Usia Dini

01-02-2019 12:37

Setiap orang, sejatinya adalah pencerita atau pendongeng yang baik. Hal ini dapat dibuktikan ketika seseorang bertemu dengan teman, sahabat, saudara, bahkan orang-orang yang baru dikenalnya, biasanya ia akan bercerita tentang banyak hal. Termasuk hal remeh-temeh yang dialaminya dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam buku ini penulis akan menguraikan secara panjang lebar tentang betapa besar manfaat bercerita kepada anak usia dini. Di antara manfaat yang dapat dipetik oleh orangtua yang gemar bercerita pada anak-anaknya adalah; meningkatkan perbendaharaan kosa kata anak, membantu meningkatkan kecerdasan berbahasa, mengetahui cara mengucapkan (dan menuliskan) kata-kata secara tepat, dan lain sebagainya.

Jika diteliti, anak adalah sosok yang gemar bercerita dan mendengarkan cerita. Sejak belum dapat berbicara dengan fasih, ia akan bercerita dengan tujuan untuk mendapatkan perhatian dari orang dewasa, misalnya agar diperhatikan oleh orangtuanya. Seorang anak mungkin akan menceritakan peristiwa jatuh terluka dan beraninya ia saat melihat lukanya diplester. Seorang anak yang lain akan menceritakan aksi superhero idola sekaligus berusaha memeragakan jurus-jurus sambil mengenakan jubah sang superhero (halaman 66).

Terima kasih kepada Jateng Pos dan Saudara Sam Edy Yuswanto atas pemuatan resensi Manfaat Bercerita Bagi Anak Usia Dini dari buku Saatnya Bercerita, dimuat Minggu, 20 Januari 2019.