DARI MEDIA

Candi dan Kejayaan Arsitektur Indonesia di Masa Lalu

11-02-2019 10:52

Sebagai bangsa yang memiliki khazanah kebudayaan dan tradisi yang sangat kaya, Indonesia menyimpan banyak hal untuk diteliti, dipelajari, dan dikembangkan. Salah satu hal yang bisa ditelaah adalah bangunan-bangunan candi besar yang ada, terutama di Jawa. Kita memiliki candi besar seperti Borobudur dan Prambanan, yang bisa dikatakan menjadi simbol puncak peradaban arsitektur pada masanya.

Di buku ini, kita didedahkan berbagai gambaran dari hasil riset terhadap candi-candi di Indonesia yang ditinjau dari disiplin arsitektur. Dari sana, ditemukan hal menarik dan mengagumkan, terutama mengenai tradisi arsitektur candi di Indonesia yang memengaruhi dan menjadi rujukan desain candi dan kuil di Asia Tenggara.

Tim peneliti menjelaskan, selama ini penelitian pada warisan bangunan masa lalu di Indonesia cenderung bersifat antropologis dan arkeologis. Akibatnya, sifat transformatifnya kurang, karena bersifat statis. Buku ini meninjau bangunan candi berdasarkan kajian arsitektur, sehingga memungkinkan adanya gagasan yang lebih transformatif, khususnya yang berkaitan dengan wilayah Asia Tenggara, sehingga dapat menunjukkan eksistensi candi di Indonesia dalam konteks yang lebih luas.

Studi ini menggunakan pendekatan arsitektural melalui kajian representasi, tipomorfologi arsitektur, transformasi, percampuran, dan dapat dikaitkan dengan pemahaman analogi-analogi yang bertumpu pada nilai-nilai lokal. Mula-mula, dipaparkan mengenai bagaimana arsitektur candi di Jawa, terutama candi Prambanan, Borobudur, kemudian mengungkap relasinya dengan candi di era transisi di Kamboja, seperti candi Bakong. Di sini, ditemukan dominasi unsur-unsur candi era Klasik Tengah Jawa pada candi-candi masa transisi di Kamboja. Penyusun meneliti 62 unsur candi yang ada di Jawa dan menemukan 19 di antaranya ada pada unsur candi di Kamboja. 

Terima kasih kepada Radar Mojokerto dan Saudara Al-Mahfud atas pemuatan resensi Candi dan Kejayaan Arsitektur Indonesia di Masa Lalu dari Buku Eksistensi Candi sebagai Karya Agung Arsitektur Indonesia di Asia, dimuat Minggu, 27 Januari 2019.