DARI MEDIA

Eksperimen Bermakna dengan Alat dan Bahan Sederhana

04-03-2019 13:50

Pelajaran biologi mestinya menghadirkan proses belajar yang menarik dan menyenangkan. Ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup ini memungkinkan anak atau siswa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman bermakna untuk lebih mengenal kehidupan. Dengan rasa ingin tahunya yang tinggi, anak-anak mestinya sangat tertarik dengan pelajaran biologi.

Selama ini, eksperimen menjadi metode belajar biologi yang paling sering digunakan oleh para guru di sekolah. Namun, eksperimen saat pelajaran biologi tak jarang menemui berbagai kendala. Keterbatasan alat dan bahan kerap menjadi persoalan. Tak semua sekolah memiliki alat dan bahan yang memadai. Di sinilah, Arifin Nugroho menghadirkan buku tentang bagaimana membuat berbagai eksperimen biologi dengan alat dan bahan yang tak harus mahal dan modern. Namun dengan alat dan bahan sederhana yang mudah didapatkan di sekitar kita.

Eksperimen-eksperimen dalam buku ini terbagi dalam empat bab. Yakni eksperimen terkait manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme. Setiap bab berisi berbagai eksperimen yang dijelaskan dengan menarik, disertai pemaparan alat, bahan, langkah-langkah, hingga gambar beserta makna dan penjelasannya. Menariknya, banyak eksperimen yang tak sekadar memberi pengetahuan pada anak atau siswa. Namun juga memberi pelajaran penting dan berbagai kiat yang bisa bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Terima kasih kepada Tribun Jateng dan Saudara Al-Mahfud atas pemuatan resensi Eksperimen Bermakna dengan Alat dan Bahan Sederhana dari buku Biology Is So Fun. Dimuat, Minggu, 3 Maret 2019.