DARI MEDIA

Pengaruh Candi Jawa di Asia Tenggara

25-03-2019 10:15

Buku ini mengambil tema langka tentang kajian candi sebagai monumen masa silam. Kajian terhadap candi biasanya dilakukan dalam disiplin arkeologi. Hanya sedikit arsitek yang mempelajarinya, antara lain Rahadhian PH dan kawan-kawannya.

Pada bagian pengantar dinyatakan bahwa kajian terhadap warisan bangunan masa lalu di Indonesia selama ini cenderung bertumpu pada ranah yang bersifat antropologis dan arkeologis dan kurang dikenali sifat transformatifnya sehingga terkesan statsis (halaman 18). Pendekatan arsitektur memungkinkan adanya gagasan yang lebih tranformatif, khususnya dalam lingkup Asia Tenggara yang bermuara pada eksistensi candi dalam konteks lebih luas dan diakronik.

Terima kasih kepada Harian Kompas dan Saudara Agus Aris Munandar Guru Besar Departemen Arkeologi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia atas pemuatan resensi Pengaruh Candi Jawa di Asia Tenggara dari buku berjudul Eksistensi Candi Sebagai Karya Agung Arsitektur Indonesia Di Asia Tenggara. Dimuat, Sabtu, 16 Maret 2019.