DARI MEDIA

Cara Mendidik Anak agar Suka Membaca

29-03-2019 14:22

Pendidikan membaca di sekolah harus  didukung sepenuhnya dengan pemberdayaan membaca di rumah. Rumah adalah sekolah pertama. Orangtua adalah gurunya. Anak di usia dini lebih mudah dan progresif menerima pembelajaran. Otak mereka masih mentah, mudah dibentuk, dan berkembang sejalan dengan sentuhan informatif yang diserap terutama dari interaksi dengan orangtua.

Buku ini menyuguhkan teknik menanam kemampuan dan minat membaca. Kemampuan dan minat merupakan dua hal berbeda. Dalam konteks literasi, ia sering diabaikan. Seolah ketika anak bisa membaca dengan sendirinya akan senang membaca. Karena anggapan ini banyak orangtua yang menunggu memperkenalkan bacaan kepada anak pada usia PAUD dan TK.

Banyak orangtua melupakan pentingnya aspek komunikasi verbal yang sebenarnya justru mengenalkan alfabet, kata, phonemik sejak awal dalam pikiran anak sebelum mereka mengenal teks bacaan dalam bentuk literal. Tentu tidak hanya orangtua yang memiliki peran penting. Semua anggota keluarga memiliki peran yang tidak kalah penting.

Cara sederhana mengenalkan kemampuan membaca kepada anak yang masih batita adalah dengan menyebut kata dengan nada suara variatif, mengulang kalimat yang diucapkan anak dan juga mengajukan beberapa pertanyaan sederhana kepada anak yang  kadang nantinya dijawab sendiri oleh orang tua (hlm 15-16).

Terima kasih kepadaKabar Madura dan Saudara Faiz atas pemuatan resensi berjudul Cara Mendidik Anak agar Suka Membaca dari Buku Saatnya bercerita: Mengenalkan Literasi Sejak Dini. Dimuat Rabu, 13 Maret 2019.