DARI MEDIA

Suara Musik Indonesia: Sejarah, Perkembangan

29-04-2019 13:20

Akhir tahun 2018, terbit buku berjudul Budaya Musik Indonesia karya Wisnu Mintargo. Penulis yang menyelesaikan pendidikan S3 di Pascasarjana Seni Pertunjukan dan Seni Rupa UGM ini menyuguhkan ulasan beragam jenis musik di Indonesia mencakup sejarah kemunculan, dinamika perkembangan, juga pemaknaan dalam konteks budaya.

Beragam jenis musik di Indonesia dikisahkan kemunculannya. Dari keroncong, lagu nasional, lagu rakyat, musik tradisional, paduan suara, musik dangdut, musik pop, musik rock, musik jazz, hingga seriosa. Peninjauan musik secara historis dianggap mampu memotret “budaya musik” yang berkembang di negeri ini. Pemaparan sejarah dan perkembangan berbagai genre musik dianggap cukup untuk memunculkan judul “Budaya Musik Indonesia”.

Namun judul “Budaya Musik Indonesia” menyimpan persoalan. Buku ini tak menutup-nutupi hal tersebut lewat kata pengantar Prof. Drs. Triyono Bramantyo. Guru besar ISI Yogyakarta tersebut menyatakan, judul “Budaya Musik Indonesia” menyimpan problem sebab musik yang ada di Indonesia jauh lebih luas dan beragam. Selain itu, istilah “Budaya Musik” mengundang pertanyaan sebab istilah “budaya” dan “musik” bukanlah kata-kata yang sepadan untuk disandingkan. Tapi pembacaan tak mesti dibatalkan hanya karena persoalan judul. Pelacakan musik di Indonesia mesti dilanjutkan berbekal buku Wisnu.

Membaca buku ini memberi pemahaman bahwa perkembangan berbagai jenis musik di Tanah Air banyak dipengaruhi bermacam hal, baik kondisi sosial, politik, budaya, hingga pengaruh genre musik lain. Musik keroncong, misalnya, yang dikenal sebagai salah satu identitas musik Indonesia rupanya menyimpan perbedan pendapat terkait asalnya. Wisnu mencaatat, ada yang mengatakan musik keroncong berasal dari Portugis yang masuk ke Indonesia sekitar abad ke-XV. Namun, ada pula yang mengatakan keroncong merupakan kesenian asli Indonesia.

Terima kasih kepada Suara Merdeka dan Saudara Al-Mahfud atas pemuatan resensi Suara Musik Indonesia: Sejarah, Perkembangan, Masalah dari Buku Budaya Musik Indonesia. Dimuat, Minggu, 21 April 2019.