DARI MEDIA

Memahami Tata Hukum Asuransi

16-01-2020 14:33

Saat ini pemahaman tentang peran dan fungsi Lembaga Keuangan nonbank seperti Lembaga Perasuransian bisa dikatakan belum banyak dimengerti oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Sedangkan banyak masyarakat yang paham tentang peran dan fungsi Lembaga Keuangan Perbankan, yakni menghimpun dana-dana dari masyarakat untuk ditabung, kemudian dikelola dengan member bunga dan memberikan pinjaman kepada masyarakat yang membutuhkan. Di sinilah, pengetahuan tentang Lembaga Perasuransian juga penting dikembangkan mengingat kebutuhan akan hal tersebut dari tahun ke tahun yang semakin meningkat.

Antara Lembaga Keuangan Perbankan dan Lembaga Keuangan nonbank mesti sama-sama dipahami. Dr. Agoes Parera dalam buku ini menjelaskan, hal mendasar yang mesti ditekankan adalah bahwa keduanya memiliki fungsi berbeda. Bahwa Lembaga Perasuransian memberikan perlindungan (protection) di samping menabung, sedangkan Lembaga Keuangan Perbankan tidak memberikan perlindungan.

Terima kasih kepada Harian Kedaulatan Rakyat dan Saudara Al-Mahfud atas pemuatan resensi Memahami Tata Hukum Asuransi dari Buku Hukum Asuransi di Indonesia. Dimuat Sabtu, 30 November 2019