DARI MEDIA

Novel “Tembang dan Perang” Karya Sastrawan Purworejo Junaedi Setiyono Diangkat dalam Webinar Nasional Besok

11-01-2021 14:51

Novel berjudul “Tembang dan Perang” karya sastrawan dan Dosen Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP), Dr Junaedi Setiyono MPd, berhasil menarik perhatian banyak kalangan setelah diterbitkan oleh PT Kanisius belum lama ini. Hal itu direspons oleh Dewan Kesenian Purworejo (DKP) dengan menggelar Webinar Nasional bertajuk “Cerita Panji sebagai Sumber Inspirasi yang Tak Pernah Mati” pada Selasa (15/12/2020) besok. Dalam pelaksanaannya, DKP mendapat dukungan penuh dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud), Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Purworejo, Universitas Gadjah Mada (UGM), dan UMP. Sejumlah pembicara kelas nasional diagendakan hadir, antara lain Prof Dr Ir Wardiman Djojonegoro (Mendikbud RI 1993-1998 dan Promotor Mow Unesco untuk Babad Diponegoro, Arsip-arsip Konferensi Asia-Afrika dan Cerita Panji), Dr Ganjar Harimansyah MHum (Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah), dan Dr Sudibyo MHum (Dosen Fakultas Ilmu Budaya UGM). Webinar juga akan menghadirkan penulis novel, Dr Junaedi Setiyono MPd, serta Dr Umi Faizah MPd (Dosen PBSI UMP). Sementara Henri Nurcahyo (Pegiat Literasi Panji) akan hadir sebagai moderator.

Koordinator acara dan pendaftaran Webinar, Achmad Fajar Chalik, saat dikonfirmasi menyebut Webinar berkonsep daring melalui aplikasi zoom meeting dan disiarkan secara langsung melalui live streaming youtube sehingga dapat diikuti oleh masyarakat luas mulai pukul 15.00 hingga 17.00 WIB. Menurutnya, apresiasi terhadap Webinar kali ini cukup tinggi. Sejak pendaftaran dibuka pada akhir November 2020 hingga saat ini, tercatat ada sekitar 232 calon peserta.

Terima kasih kepada Purworejo24 atas pemuatan berita Novel “Tembang dan Perang” Perkaya Khazanah Cerita Panji dari buku Tembang dan Perang. Dimuat, Senin, 14 Desember 2020.