DARI MEDIA

Novel “Tembang dan Perang” Bakal Diangkat dalam Webinar Nasional

14-01-2021 16:19

Ketua DKP Purworejo, Angko Setiyarso Widodo, mengungkapkan bahwa Webinar Novel Tembang dan Perang diinisiasi oleh DKP sebagai bentuk apresiasi kepada penulis dan pegiat seni asal Purworejo yakni Junaedi Setiyono yang cukup produktif menelurkan karya-karya monumental serta mengangkat nama Purworejo di kancah nasional hingga internasional.

Lebih dari itu, menjadi bagian dari upaya nyata pelestarian Cerita Panji sekaligus mendorong generasi muda Indonesia untuk lebih gemar membaca, bangga pada budayanya, dan mencintai karya-karya anak bangsa.

“Di tengah derasnya arus globalisasi seperti saat ini, ketahanan jati diri suatu kelompok masyarakat tercermin melalui kemampuan melestarikan seni dan budayanya. Termasuk budaya literasi,” ungkapnya.

Menurutnya, Cerita Panji merupakan salah satu cerita asli Indonesia yang telah mendunia. Keberadaanya harus dilestarikan sehingga dapat dinikmati oleh generasi-generasi yang akan datang. Panji Cycles diakui oleh UNESCO sebagai Memory of the World pada tahun 2017. Cerita Panji telah hidup dan mengakar dalam memori masyarakat Indonesia dengan berbagai cara penyajiannya.

Meski begitu, upaya untuk membumikannya tetap perlu dilakukan di tengah derasnya budaya asing yang terus menghiasi kehidupan generasi muda Indonesia saat ini.

Cerita Panji adalah satu-satunya cerita asli Indonesia yang sudah sejak abad ke-15 terkenal tidak hanya di dalam wilayah Indonesia, tetapi juga di kawasan Asia Tenggara.

“Novel Tembang dan Perang karya Junaedi Setiyono merupakan karya yang lahir sebagai salah satu upaya untuk melestarikan Cerita Panji.

Melalui karyanya ini, Junaedi Setiyono mengemas dengan apik dan menyajikan dengan jernih Cerita Panji dengan bahasanya yang sederhana namun bermutu tinggi,” bebernya.

Angko berharap, Webinar yang dihelat dalam suasana penuh keterbatasan akibat pandemi Covid-19 ini tetp dapat terlaksana dengan maksimal. Apalagi, apresiasi sangat tinggi ditunjukkan oleh berbagai pihak yang telah memberikan dukungan.

“Kepada instansi dan lembaga terkait, kami sampaikan apresiasi yang tinggi. Kepada peserta dari berbagai daerah se-Indonesia, kami ucapkan selamat ber-Webinar. Event ini sekaligus menjadi sarana kita untuk mengeratkan jalinan persatuan,” pungkasnya.

Terima kasih kepadaportalindonesia  atas pemuatan berita Tembang dan Perang, Novel “Tembang dan Perang” Bakal Diangkat dalam Webinar Nasional. Dimuat, 14 Desember 2020.