DARI MEDIA

Psikologi Musik, Korelasi Manusia dan Seni Suara

17-02-2021 13:25

Dalam dunia musik tradisional, sudah sejak lama masyarakat primordial menggunakan musik  dalam berbagai aspek kehidupannya.

Pada banyak masyarakat fungsi musik dapat dijelaskan melalui terminologi sosial yang eksklusif, yaitu musik digunakan dalam permainan dan tarian, mengorganisasi kerja dan perang, upacara dan ritual, penanda kelahiran, perkawinan, kematian, merayakan panen dan penobatan, serta meneguhkan kepercayaan dan kegiatan tradisi.

Di masa kini, musik masih memiliki kedudukan yang sama dan ditelaah lebih mendalam, guna memahami bahwa hubungan tersebut merupakan realita yang dapat dipecahkan dengan ilmu pengetahuan. Salah satunya yang dilakukan Djohan melalui bukunya Psikologi Musik.

Penulis mengupas hubungan di antara psikologi dan musikologi. Kedua ilmu tersebut merupakan ilmu pengetahuan yang sudah tua, tetapi untuk psikologi musik termasuk ilmu yang relatif baru.

Menurut Djohan hakikatnya musik adalah produk pikiran, sehingga jika masih berupa elemen vibrasi (fisika dan kosmos) dalam bentuk frekuensi, amplitudo, dan durasi belum menjadi musik bagi manusia sampai semua itu ditransformasi secara neurologis dan diintprestasikan melalui otak menjadi pitch (nada-harmoni), timbre (warna suara), dinamika (keras-lembut), dan tempo (cepat-lambat).

https://www.golali.com/resensi-buku-psikologi-musik-korelasi-manusia-dan-seni-suara
Terima kasih kepada Golali.com atas pemuatan Resensi Buku Psikologi Musik, Korelasi Manusia dan Seni Suara dari buku Psikologi Musik, Korelasi Manusia dan Seni Suara. Dimuat 25 November 2020.