DARI MEDIA

Kuasa Kaya Bisnis “Brick & Click”

17-02-2021 13:47

Kuasa gaji yang mendatangkan pasive income mahabesar adalah intensif mengelola dan menggerakkan MLM dan investasi. Tak terkecuali asuransi (jiwa, kesehatan, pendidikan). Namun, berita terburuk kiwari bahwa tak sedikit asuransi limbung dan bodong. Kepercayaan masyarakat pun dibuat rontok karena asuransi.


Alih-alih, apakah Anda mengalami zaman keemasan dan mencicipi zaman tajir berkat produk Tupperware, Atomy, Amway, Sophie Martin, NCI, K-Link, Propolis, ataupun Oriflame? Tak sedikit kaum hawa domestik maupun manca menjadi tajir berkat bisnis “brick and click” ini.


Tren pasar Tupperware Indonesia, Atomy Indonesia, Amway Indonesia, Sophie Martin Indonesia, dan Oriflame Indonesia adalah secuplik jenama dagang yang ambyar dan ambyur dalam jejaring digital atau virtual. Bahkan kini trendi dengan iming-iming CAR 3i Network. Mereka kampiun bisnis, contoh terbaik ketika menggandeng dunia maya. Kemarin mereka gagah, kini mereka goyah. Seberapa besar Anda terlibat?


Dibuka dengan prakata yang menjanjikan, buku ini membidik produsen dan konsumen untuk senantiasa optimistis menjadi jago dan babon pedagang virtual. Setiap orang yakin superkaya, bisa mendirikan hipermart yang mendunia. Marketing digital menjadi peluncur dagang masa depan, impian, bahkan utopia dagang yang memabukkan. Moda komunikasi digital dan marketing digital sangat adaptif, atraktif, responsif, kian kencang, dan terukur kuantitas maupun kualitasnya.
Kini zaman kiwari, media sosial memiliki porsi jumbo bagi konsumen melahap waktunya secara online. Medsos memberi ruang tepat untuk mempromosikan produk ke konsumen. Jejaring blog menempati rating tertinggi (22,5%), disusul game online (9,8%), e-mail (7,6%), video/film (4,5%), mensin pencari (4%), instant messaging (3,3%), software (3,2%), iklan baris (2,9%), acara/berita (2,6%), dan media lain (35,1%). Sementara itu, budget iklan selalu melesat naik per tahunnya. (hlm. 175)


Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan para pebisnis startup era kiwari ini sangat gampang mengakses pasar yang jauh lebih jembar jangkauan ketimbang sebelumnya. Moda peluncurnya adalah marketing digital. Kelebihan marketing digital ini mulai menutup gerak marketing konvensional, yaitu kemampuannya ketika melibatkan multikonsumen tanpa menggunakan service center. Marketing digital sangat efisien, terlebih disangga komunikasi dengan media sosial sebagai bagian dari marketing digital yang sanggup berlari lebih efektif dan superpraktis.

Terima kasih kepada Koran Sindo dan saudara Anton Suparyanta  atas pemuatan resensi dengan judul Kuasa Kaya Bisnis “Brick & Click” dari buku Marketing Digital, Solusi Bisnis Masa Kini dan Masa Depan, dimuat Sabtu, 31 Oktober 2020