DARI MEDIA

Kembali Menjadi Bangsa Gotong Royong

31-08-2018 10:02

Bulan kemerdekaan, di samping menjadi momentum bersuka-cita memeringati kemerdekaan dan menguatkan nasionalisme, di saat yang sama menjadi saat untuk berefleksi tentang problem bangsa saat ini. Di usia yang menginjak 73 tahun, bangsa ini masih menyimpan banyak persoalan di berbagai bidang. Salah satunya tentang merenggangnya ikatan sosial di tengah bangsa kita.  Menguatnya sentimen, saling menghujat di media sosial, dan gejala intoleran di masyarakat menandakan ada sesuatu yang hilang dari bangsa ini.

Persaingan politik di kalangan elite yang memanas dibarengi era dunia maya dan media sosial, mudah membawa isu-isu politik ke tengah masyarakat. Masyarakat pun gampang terpecah dan terjebak dalam perdebatan dan pertikaian. Jika melihat sejarah bangsa ini, kondisi tersebut mengisyaratkan adanya sebagian masyarakat yang tercerabut dari akar kebudayaan kita sendiri. Budaya adihulung Nusantara yang memegang teguh keselarasan, kedamaian, dan semangat persaudaraan terasa mulai memudar.

Terima kasih kepada Radar Madura dan Saudara Al-Mahfud atas pemuatan resensi Kembali Menjadi Bangsa Gotong Royong dari Buku Alangkah Hebatnya Negara Gotong Royong Indonesia dalam Kacamata Soekarno dimuat Minggu, 19 Agustus 2018.