DARI MEDIA

Mengelola Emosi Siswa Menjadi Energi Positif

10-09-2018 13:32

Emosi kadang selalu dikonotasikan dengan sesuatu yang negatif, padahal emosi adalah Sesuatu yang fitrah dimiliki oleh manusia. Tinggal bagaimana mengelolanya sehingga memicu lahirnya sesuatu yang baik. Hal itu pula yang ada pada anak-anak usia sekolah, beragam emosi yang dimiliki siswa dalam berbagai jenjang pendidikan pada dasarnya bisa dikelola menjadi energi positif yang kelak mendukung proses kepribadian siswa itu sendiri.

Setidaknya itu gambaran ulasan Amitya Kamara dan kawan-kawan dalam buku berjudul Mengenali dan Menangani Emosi Pada Siswa ini. Penulis mempertegas bahwa pengendalian emosi yang dimiliki siswa merupakan suatu kenisacyaan yang harus dilakukan oleh seluruh elemin yang ada di lembaga pendidikan terutama para tenaga pendidik, sehingga para siswa bisa diarahkan menjadi lebih baik kendati dengan Beragam emosi yang dimiliknya.

Buku ini merangkum sejumlah fakta unik pengendalian emosi yang dilakukan oleh guru kepada anak didiknya, yang konon persoalan emosi yang dimiliki siswa ternyata bisa menjadi potensi yang luar biasa saat dikelola dengan baik. Penulis membuktikan hal itu dengan beragam metode yang dilakukan. Semuanya bisa kita baca dalam buku terbitan Kanisius ini. Intinya adalah, para penulis bisa membuktikan bahwa emosi yang dikelola dengan baik pada akhirnya menjadi energi positif yang mendongkrak kemajuan siswa tersebut.

Terima kasih kepada Harian Jawa Pos Radar Madura dan Ahmad Wiyono atas pemuatan resensi Mengelola Emosi Siswa Menjadi Energi Positif dari Buku Mengenali dan Mengatasi Emosi Pada Siswa, dimuat Harian  Jawa Pos Radar Madura,  30 Agustus  2018.