Tonggak-tonggak Rahmat dalam Karya

1922

Canisius Drukkerij berdiri dengan 2 mesin dan 3 orang pegawai di gudang bekas pabrik besi kompleks Bruderan FIC, dirintis oleh  Br. Bellinus, FIC.

Delapan mesin baru didatangkan.

1922

1946

Percetakan Kanisius diserahkan kembali paska kemerdekaan oleh Pemerintah kepada Pastor A. Djajasepoetra SJ (wakil uskup). Pada tahun 1946-1949, staf direksi Percetakan adalah para awam, yakni FS Atmasentana, Rob. Muradisewaja, dan J. Soekijat. Kanisius dipercaya mencetak ORI (Oeang Repoeblik Indonesia).

FDR berdemonstrasi untuk menentang Pak Atmasentana yang menolak mencetak Patriot. Pada kejadian itu, Pak Atma diarak, kemudian dihadapkan Presiden Soekarno di Istana Negara, Yogyakarta. Aksi tersebut mendapat protes dari Partai Katolik.

1948

1968

Kanisius menjadi percetakan offset pertama di Indonesia. Mulai mengadakan Bagian Urusan Naskah (Urnas). Kanisius juga menjadi anggota IKAPI. Tahun 1969, terbit buku Filsafat Manusia (N. Driyarkara) dan buku Kamus Latin-Indonesia (kerja sama dengan PWI Seminari).

Pada bulan September, Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) yang pertama diadakan di Penerbit-Percetakan Kanisius.

1992

2001

Kantor Pemasaran Kanisius Cabang Surabaya beroperasi. Tahun 2001, toko buku Kanisius di Kranggan, Bekasi, dibuka. Terbit Kamus Basa Jawa dan Kamus Unggah­ Ungguh Basa Jawa terbit. Tahun 2002 terbit buku Tafsir Alkitab Perjanjian Lama dan Tafsir Alkitab Perjanjian Baru.

Mulai mengembangkan buku digital.

2011

2014

Penerbit-Percetakan Kanisius beralih dari badan usaha Yayasan menjadi Perseroan Terbatas (PT). Mengembangkan penerbitan eksklusif (Kanisius Exclusive Publishing) untuk mengakomodir penerbitan buku yang bersegmen pasar terbatas.

Menjadi salah satu co-exhibitor dari Indonesia di pameran buku internasional Frankfurt Book Fair. Indonesia menjadi Guest of Honour. PT Kanisius mulai menawarkan hak cipta buku-buku yang diterbitkan. Pada tahun-tahun selanjutnya, PT Kanisius hadir di AFCC (Asian Festival of Children’s Contents) dan KLTCC (Kuala Lumpur Trade and Copyright Centre), BIBF (Beijing International Book Fair).

2015

2020

Terjadi pandemi Covid-19. Menerapkan strategi Bertahan dengan melakukan efisiensi pada semua lini (penerbitan, percetakan, perdagangan) serta pengetatan anggaran. Menjalankan usaha dengan protokol kesehatan yang ketat. Mulai mempelajari UAP (Universal Apostolic Preferences) sebagai orientasi karya Serikat Jesus 2020-2030. Terbit buku Misa Santo Santa Jilid I-IV.

Memasuki masa Pemulihan seiring kehadiran vaksin di Indonesia. Tetap menjalankan usaha dengan protokol kesehatan yang ketat. Memulai rangkaian acara menyongsong 100 tahun Kanisius berkarya (diawali dengan peluncuran logo 100 tahun dan tema “Cita dan Karya Warnai Indonesia”). Melakukan revitalisasi Visi, Misi, dan Nilai PT Kanisius serta penyusunan Road Map III (2021-2025) yang memuat unsur UAP di dalamnya.

2021

2022

Perayaan 100 tahun perjalanan karya Kanisius di bidang percetakan dan penerbitan, sekaligus 8 tahun usia PT Kanisius. Menyatakan komitmen untuk terus menginspirasi perubahan yang memajukan peradaban.

Mengembangkan usaha baru dengan membuka kafe dan resto di area Taman Komunikasi Yogyakarta dan layanan persewaan venue untuk beragam kegiatan.

2023

Tentang Kami

Kanisius ikut berkontribusi dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui karya penerbitan dan percetakan. Diyakini konten buku bermutu mengantarkan manusia sampai puncak kebudayaannya. Buku adalah kemenangan terbesar untuk manusia! Kanisius secara konsisten sampai hari ini terus menghadirkan buku-buku bermutu sebagai wujud kepedulian bagi masyarakat untuk membangun kehidupan yang makin berkualitas; masyarakat yang makin nasionalis dan bermartabat. Pada tanggal 1 Januari 2014 Penerbit-Percetakan Kanisius berganti nama dan badan hukum menjadi PT KANISIUS, dengan

VISI:

PERUSAHAAN INSPIRATIF YANG BERDAYA UBAH BAGI BANGSA.

MISI:

  1. Berperan aktif mengemban karya perutusan Gereja dan pendidikan masyarakat.
  2. Meningkatkan penjualan secara progresif  dan mengendalikan biaya untuk keberlangsungan perusahaan dan kesejahteraan karyawan.
  3. Mengutamakan kepuasan pelanggan  dengan produk yang berkualitas dan bersinergi  dengan mitra-mitra strategis.
  4. Membangun dan mengembangkan  sistem manajemen teknologi informasi  yang relevan.
  5. Mengembangkan  pengetahuan, keterampilan,  sikap kerja, dan profesionalitas karyawan  dengan tata kelola dan lingkungan kerja yang kondusif.
NILAI:

Jujur – Disiplin – Sigap – Inovatif – Peduli

Produk dan layanan

1. PENERBITAN

Penerbitan Bidang Gerejawi menerbitkan buku-buku filsafat, teologi, liturgi, spiritualitas, doa dan peribadatan, katekese, renungan, inspirasional, dan buku bacaan rohani anak. Selain edisi cetak, buku-buku tersebut sudah diterbitkan dalam edisi e-book. Penerbitan Bidang Pendidikan dan Umum menerbitkan buku-buku kurikuler berbasis Paradigma Pedagogi Reflektif yang sesuai dengan Kurikulum 2013, buku untuk perkuliahan, bacaan anak berbasis pendidikan karakter, psikologi populer, self-healing, motivasi, dan bacaan inspirasional. Selain edisi cetak, buku-buku tersebut sudah diterbitkan dalam edisi e-book. Selain sistem penerbitan umum, Kanisius juga memberikan layanan penerbitan secara khusus melalui Kanisius Exclusive Publishing. Penulis yang menghendaki karyanya diterbitkan secara eksklusif baik mengenai genre maupun jumlah tirasnya, bisa dilayani asal memenuhi standar kualitas dan visi penerbit.

2. PERCETAKAN

Percetakan PT KANISIUS telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2015 mengenai manajemen mutu, memiliki karakter hasil cetak: tinta meresap hingga ke serat kertas didukung oleh teknologi mesin cetak, hasil cetak presisi baik warna maupun register, tidak ada kesenjangan antara contoh cetak atau proof dengan hasil jadi, penjilidan kuat sehingga lembaran buku tidak mudah lepas, hard cover dikerjakan dengan mesin yang menjamin ketepatan dan kecepatan.
Dengan sistem one stop printing, Percetakan PT KANISIUS melayani kebutuhan jasa cetak para pelanggan meliputi pracetak, cetak, dan pascacetak hanya dengan sekali kunjungan saja. Didukung teknologi mesin cetak digital Kanisius melayani cetak dengan tiras berapa pun dari satu eksemplar saja hingga ribuan eksemplar.

3. TAMAN KOMUNIKASI DAN PENJUALAN ON LINE

PT Kanisius hadir dan menyapa pelanggan melalui keberadaan Taman Komunikasi atau Takom, yang didirikan sebagai ruang pajang produk-produk sekaligus menjadi ruang berkomunikasi dengan para mitra. Selain secara offline melalui Taman Komunikasi, PT Kanisius juga menyapa pelanggan melalui layanan on line. Saat ini produk-produk PT Kanisius dapat ditemukan di beberapa marketplace seperti: Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, dan Bukalapak dengan nama toko kanisiusmedia.  Saat ini PT KANISIUS mengelola tujuh Taman Komunikasi yang berada di kota Yogyakarta, Surakarta, Jakarta, Tangerang, Surabaya, Solo, Semarang, dan Bandung. Taman Komunikasi tidak hanya menjadi tempat para pelanggan bisa mendapatkan produk terbitan Kanisius namun juga menyediakan berbagai benda rohani, peralatan liturgi, dan benda devosional yang lengkap dan berkualitas, yang diharapkan dapat memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan.

4. RUANG PERTEMUAN
 
PT KANISIUS memiliki ruang pertemuan yang dapat digunakan publik lembaga dan pribadi. Tersedia ruang pertemuan dalam ruang (indoor) maupun luar ruang (outdoor). Pemakaian kedua ruang ini dengan sistem sewa. Aneka bentuk kegiatan telah dan dapat diselenggarakan di sini antara lain seminar, workshop, pameran, rapat, pentas seni, fashion show, temu raya, perpisahan sekolah, perayaan lembaga, outbond mini, dan lain-lain.

Selain dengan sistem sewa, kerja sama antar lembaga dimungkinkan dilakukan di tempat ini. Hubungi kami untuk penjajakan kerja sama yang saling mengembangkan. Selain untuk kegiatan formal kelembagaan, kini area ruang terbuka hijau PT KANISIUS juga dapat digunakan untuk keperluan yang lebih privat berupa acara keluarga antara lain resepsi pernikahan, pertemuan trah/ keluarga besar, ulang tahun pernikahan, reuni, dan berbagai acara keluarga lainnya. Seluruh kegiatan yang dapat diselenggarakan di area PT KANISIUS adalah kegiatan yang bersifat non politis. Beberapa venue yang dapat Anda gunakan untuk beragam kegiatan antara lain:

  1. Ruang Kepodang (kapasitas 300 orang).
  2. Ruang Keben (kapasitas 200 orang).
  3. Ruang Mahoni (kapasitas 20 orang).
  4. Ruang Olive (kapasitas 16 orang).
  5. Ruang Terbuka Hijau (seluas 2.250 m2).

5. TAKOM KAFE & RESTO

Salah satu layanan terbaru kami adalah Takom Kafe & Resto dengan desain dan suasana yang dapat dinikmati oleh semua kalangan: keluarga, mahasiswa dan pelajar yang ingin belajar kelompok, rombongan dari berbagai kelompok atau komunitas. Juga aneka tema acara seperti: jamuan relasi perusahaan, rapat dan diskusi, reuni, perayaan ulang tahun, perayaan syukur keluarga, yang dapat Anda lakukan di area Kafe & Resto.

Tersedia juga area untuk bekerja (Co-Working Space). Seluruh menu kafe & resto dikelola dengan prinsip higienis, halal, dan profesional. Tersedia aneka varian menu untuk semua umur. Dengan suasana, menu makanan-minuman yang terjamin, Takom Kafe & Resto menjadi salah satu pilihan yang nyaman untuk aneka kebutuhan perjumpaan yang hangat dan akrab.

 

Informasi, silakan mengirimkan email ke: [email protected]